Senin, 31 Desember 2012

KEGIATAN ROHIS BAITUL 'ILMI SMP N 8 DEPOK



ROHIS BAITUL ‘ILMI SMP NEGERI 8 DEPOK
KEMAS MOPD DENGAN TABLIGH AKBAR
TARHIB RAMADHAN 1433 H
Tugu,Cimanggis- Memasuki Tahun Pelajaran 2012/2013 serta Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1433 H Rohis Baitul ‘Ilmi SMP Negeri 8 Depok yang berlokasi di Komplek PT. Timah Kelapa DuaTugu Cimanggis Depok menggelar Tabligh Akbar Tarhib Ramadhan yang diikuti sekitar 1100 peserta didik kelas VII, VIII, & IX. Wakil kepala sekolah kesiswaan Kukuh Triyono mengutarakan Tabligh Akbar kali ini dirangkaikan dengan kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB) karena waktunya berdekatan dengan datangnya bulan suci Ramadhan.
Dalam acara tersebut diawali dengan  Wisuda Tahfidz Al-Quran Juz 30 & Penganugrahan Rohis Award Tahun 2012 dengan katagori Shalat Dhuhur,Shalat Dhuha bersama, Pengajian Sabtu  Terajin & Terkompak, Infak Harian dan Hafalan Terbanyak, Pengurus Terajin, juga diumumkan hasil Lomba Keterampilan Pendidikan Agama Islam antar kelas atau Rohis Mencari Bakat (RMB) Tahun 2012  dan diakhiri dengan Tausyiah, Muhasabah, dan Doa yang disampaikan oleh Ustadz H. Zen Rofik juga dimeriahkan oleh Tim Nasyid Fans. 
Menurut Jamaludin Noor AS selaku pembina Rohis, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan mental spiritual peseta didik sehingga dalam melaksanakan ibadah puasanya lebih baik dibandingkan tahun yang lalu,selain itu sebagai motivasi bagi peserta didik agar lebih semangat lagi menghafal Al-Qur’an dan berperan aktif dalam memajukan dan mensyiarkan program rohis.
Kegiatan Rohis di SMP Negeri 8 Depok merupakan program unggulan dengan segudang kegiatan, ada yang harian yaitu One Day One Ayat One Tafsir, menmbaca, menghafal dan menafsirkan minimal sehari satu ayat, yang dilaksanakan 20 menit sebelum KBM, Infaq harian, Shalat Dhuha bersama pada jam istirahat, Shalat Dhuhur berjamaah, program pekanan yaitu pengajian Sabtu pagi, Iqra/Tahfidz/Tilawah Club, Muhadharah Club, Seni Marawis, program bulanan yaitu Malam Bina Iman Taqwa (Mabit)
Sedangkan program tahunan yaitu Tabligh Akbar Tarhib Ramadhan, Wisuda Tahfidz Al-Quran, Pesantren Ramadhan, Rohis Mencari Bakat (RMB), Santunan Yatim, Yatim Piatu, Dhuafa, Pemotongan Hewan Qurban, Rihlah dan Tafakur Alam, Motivasi, Dzikir, Muhasabah dan Doa menjelang Ujian Akhir Semester, Kenaikan Kelas dan Ujian Nasional.

Drs.Sutarwo,MM (Kasek) menyerahkan serifikat kepada wisudawan Tahfidz Al-Quran





                                         ROHIS BAITUL ‘ILMI SMP NEGERI 8 DEPOK
 SYIARKAN IDUL ADHA 1433 H
Tugu,Cimanggis- Dalam rangka mengisi amaliyah di 10 awal bulan Dzulhijah serta melaksanakan sunah Rosulullah SAW, Rohis Baitul ‘ilmi SMP Negeri 8 Depok mengadakan pemotongan dan penyaluran hewan Qurban. Kegiatan tersebut dilaksanakan hari Jumat, Tanggal 26 0ktober 2012/10 Dzulhijah 1433 H
Ketua Panitia Dedi Kusumajaya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menghidupkan sunah Rosulullah SAW serta sebagai bentuk kepedulian kepada sesama. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, yang berqurban adalah siswa dan dewan guru.
Adapun daging qurban disalurkan kepada peserta didik yang berhak menerimanya.
Tiap tahun jumlah hewan Qurban jumlanya tidak tetap rata-rata 2 ekor sapi, sedangkan mustahiqnya sekitar 200 orang. Pembina Rohis Baitul ‘Ilmi SMP Negeri 8 Depok Jamaludin Noor AS punya obsesi seandainya dari tiap kelas yang jumlah peserta didiknya ada 40 orang rata-rata ada 2 orang yang berqurban dikalikan 30 kelas, maka akan ada 60 orang yang berqurban, sehingga hampir 9 ekor sapi. Obsesi tersebut insya Allah dapat terwujud dengan cara bekerjasam antara pihak sekolah dengan orang tua, yaitu dengan cara  menabung tiap bulan. Semoga obsesi ini dapat terwujud sehingga syiar Islam di SMP Negeri 8 Depok semakain maju.

ROHIS BAITUL ‘ILMI SMP NEGERI 8 DEPOK
SANTUNI YATIM, YATIM PIATU & DHUAFA

Tugu, Cimanggis. Menyambut dan mengisi Tahun Baru Islam 1434 Hijirah Rohis Baitul ;Ilmi SMP N 8 Depok mengadakan Pembekalan Spiritual dan Santunan Yatim, Yatim Piatu dan Dhuafa dilaksanakan di Musholla Baitul ‘Ilmi. Acara tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun. Dana untuk santunan bersumber dari sedekah orang tua peserta didik dan dewan guru. Ada 130 peserta didik yatim, yatim piatu, dan dhuafa. Dalam sambutannya  ketua panitia yang juga seksi sosial dalam pembina rohis Dedi Kusumajaya mengatakan bahwa dana untuk santunan tersebut  bersumber dari sedekah orang tua peserta didik dan dewan guru terkumpul Rp.19.000.000.(Sembilan Belas Juta) setiap peserta didik mendapatkan santunan sebesar  Rp 175.000. Selain santunan berupa materi / uang juga peserta didik mendapat pembekalan spiritual yang disampaikan oleh Ustadz H. Hasbiyallah Husen, Lc. Alumni Universitas Al-Azhar Mesir.
 Dalam tausyiahnya Ustadz Hasbiyallah menyampaikan bahwa banyak tokoh-tokoh yang sukses sekaran ini, justru waktu kecilnya sudah dalam keadaan yatim atau yatim piatu.Rosulullah SAW  sejak dalam kandungan sudah dalam keadaan yatim. Jadi tidak jadi alasan untuk malas karena alasan anak yatim atau yatim piatu. Yang perlu ditanamkan adalah punya tekad yang kuat untuk maju yang disertai usaha dan doa, tandasnya. Sedangkan ketua OSIS Brigita Utami dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pengurus Rohis dan Para Pembina Rohis yang berinisiatif mengadakan acara ini.
Reza M. Sidik sebagai ketu Rohis menyampaikan terima kasih dan memohon doanya agar semua program Rohis dapat terlaksana dengan baik. Kepala SMP Negeri 8 Depok Sutarwo,MM. Mengharapkan kepada peserta didik  yang yatim, yatim piatu untuk meningkatkan prestasinya jangan kalah dengan peserta didik yang lainnya serta menjaga akhlak qarimah



MENJELANG UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL ROHISBAITUL ‘ILMI SMP 8 DEPOK
 MENGADAKN MOTIVASI, DZIKIR,MUHASABAH & DOA BERSAMA

Tugu, Cimanggis- Menjelang Ujian Akhir Semester Ganjil Rohis Baitul ‘Ilmi SMP Negeri 8 Depok mengadakan Motivasi, Dzikir, Muhasabah & Doa. Acara tersebut dilaksanakan dua hari menjelang UAS bertempat di Masjid Al Huda yang berlokasi tepat di depan sekolah. Diikuti sekitar 1100 peserta didik yang beragama Islam kelas VII, VIII, IX.
Acara diawali dengan Shalat Dhuha bersama, Dzikir Al Mantsurat, dan Dzikir Asmaul Husna dilanjutkan sambutan -sambutan diantaranya  sambutan dari ketua OSIS yaitu Brigita dan ketua Rohis Reza M.Sidik dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima atas kepercayaannya yang memberikan kepercayaan untuk menjadi ketua OSIS dan ketua Rohis Tahun Pelajaran 2012-2013 memohon doa dan nasehatnya agar dapat melaksanakan amanah tersebut sehingga semua program baik OSIS maupun Rohis dapat terlaksana denga baik, bisa membawa nama baik SMP Negeri 8 Depok dengan berbagai prestasi.  Kepala Sekolah Drs. Sutarwo,MM. mengatakan bahwa acara tersebut diadakan untuk memberikan pembekalan mental spiritual peserta didik  agar  para siswa senantiasa siap, tenang,tegar, optimis  dalam menghadapi  ujian tidak hanya ujian di sekolah tetapi ujian ujian dalam kehidupan sehari-hari. Dalam acara tersebut juga menghadirkan Ustadz H. Syahrulsah pengisi acara Obat Hati di salahsatu Televisi Swasta memberikan Motivasi/Tausyiah,Dzikir, Muhasabah, dan Doa , beliau menyampaikan bahwa untuk bisa sukses seseorang harus bekerja keras, ulet, sabar, banyak doa, dzikir,dan  ibadah harus ditingkatkan baik yang wajib maupun yang sunah.
Jamaludin Noor AS selaku Pembina Rohis mengatakan bahwa acara ini rutin dilaksanakan setiap menjelang ujian baik ujian semester, ujian kenaikan kelas, maupun ujian nasional, Adapun golnya adalah memberikan pemahaman,
Pengertian dan keyakinan kepada peserta didik tidak cukup menghadapi ujian hanya mengandalkan belajar, bimbel dan tambahan materi, yang tidak kalah pentingnya
adalah doa dan peningkatan ibadah kepada Allah SWT karena pada hakekatnya hanya Allahlah yang dapat menyukseskan, mencerdaskan.
Ketua Rohis (Reza M.Sidik)             Ketua OSIS (Brigita Utami L) 
Kasek (Drs.Sutarwo.MM)   Ust.Syahrulsyah & Pembina Rohis (Drs.Jamaludin Noor AS)



ROHIS BAITUL ‘ILMI SMP N 8 DEPOK
RIHLAH & TAFAKUR ALAM KE PUNCAK
Rihlah & Tafakur Alam ke kawasan Agrowisata Gunung Mas Cisarua Bogor. Acara tersebut diikuti seratus (100) siswa kelas VII, VIII, IX beserta para pembina Rohis Bapak dan Ibu guru.
Pembina Rohis Jamaludin Noor AS mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap akhir semester genap, sebagai salah satu alternatif rekreasi yang edukatif dan religi atau disebut juga Wisata Rohani karena dalam kegiatan ini sarat dengan kegiatan rohani, mulai berangkat dengan berdoa bersama, di dalam kendaraan ditayangkan/diperdengarkan film dan lagu-lagu Islami (nasyid), Shalat Dhuha bersama di Masjid At-Taawun untuk melaksanakan Shalat Dhuha Bersama, Shalat berjamaah, Dzikir pagi dan petang, Training Motivasi, Game, Qiyamullail, Kuliah Shubuh, Hiking serta kunjungan ke Pabrik Teh Gunung Mas.
Ketua Panitia, Panjinurjaman dalam sambutannya menyampaikan
terima kasih kepada para peserta Rihlah dan Bapak Ibu guru yang telah berpartisipasi, juga mengharapkan untuk tahun-tahun yang akan datang supaya ditingkatkan karena kegiatan ini sangat banyak hikmah dan manfaatnya, tidak hanya sekedar rekreasi, tetapi banyak nilai-nilai yang positifnya, menambah wawasan dan pengetahuan keagamaan, menjalin ukhuwah Islamiyah baik antar peserta didik, maupun dengan guru.
Sedangkan Asmawaty sebagai perwakilan kepala sekolah menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah berinisiatif mengadakan acara rihlah ini, semoga di tahun yang akan dating akan lebih baik dan lebih banyak lagi pesertanya.
Shidiq Asy Syuhada dan Vania Gita Anya Tamara sebagai ketua rohis dan ketua OSIS dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta yang telah ikut acara rihlah ini juga kepada Bapak Ibu guru yang telah mendampingi acara rihlah ini, dengan harapan mudah-mudahan acara ini bias menambah wawasan, semangat untuk berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan di sekolah sehingga akan membawa nama baik sekolah.  








Tidak ada komentar:

Posting Komentar