Rabu, 26 Desember 2012

TEKS PIDATO RMB


TEKS PIDATO : “SYUKUR NIKMAT”

Assalamualaikum Warohmatullaahi Wabarokatuh
Bismillaahirrohmaanirroohiim …
Alhamdulillahi  Robbil ‘Alamiin, Washolatu Wassalamu ‘Ala Asyrofil Ambiyai Walmursalin, Wa ‘Ala Alaihi Washohbihi Ajma’in.  Amma Ba’du…

Dewan juri yang saya muliakan,
Bapak dan ibu guru yang saya hormati,
Serta teman-teman  yang saya cintai dan saya banggakan …

Tiada kenikmatan apapun wujudnya yang di rasakan oleh manusia di dunia ini, melainkan datangnya dari Allah SWT.  Oleh karena itu Allah SWT mewajibkan kepada kita  untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya, kemudian kita hendaknya mengucapkan kalimat Hamdalah, (Alhamdulillah) karena kita  telah di pertemukan di sini, dalam acara RMB,Rohis Mencari Bakat Rohis Baitul ‘Ilmi smp Negeri 8 Depok Tahun 2013/1434 hijiriyah.
Sholawat serta salam tak lupa pula kita haturkan kepada baginda alam, panglima Islam, pemberantas kemusyrikan, penegak keadilan, pecinta kedamaian, yakni Habiibana wa Nabiyyina wa maulana Muhammad SAW. Kepada para keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh umatnta hingga akhir zaman.  
Semoga kelak kita  mendapatkan syafa’atnya di Yaumil Qiyamah.
Amiin ya Robbal Alamiin…

Hadirin hadirot rohimakumullaah …
Perkenalkanlah nama saya ……………… saya perwakilan kelas ……insya Allah dalam  kesempatan ini saya akan berpidato dengan judul “SYUKUR NIKMAT.”

Dewan juri yang kami hormati …
Hadirin hadirot yang berbahagia …
Disini saya coba ingin mengajak teman-teman, terutama diri saya, bagaimana cara kita untuk berterima kasih kepada Allah, yang sudah memberikan nikmat kepada kita yang tak terhitung banyaknya !
Allah SWT telah berfirman  dalam surah Ibrahim ayat 34 :


“ WA IN TA’UDDZUU NI’MATALLAAHI LAA TUHSYUUHAA ” (IBRAHIM : 34 )
Artinya “Dan jika kamu menghitung nikmat Allah SWT  tidaklah  dapat kamu menghitungnya”
Ayoo… coba siapa yang bisa ngitung berapa banyak nikmat Allah yang di berikan kepada kita ?  Ada yang tahu gak ? Mmm… nikmat Allah yang sudah di berikan kepada kita, dari kecil sampai sekarangs aja, kita sudah tidak bisa menghitungnya, apalagi…. seusia  dewan juri dan bapak ibu guru ?  Sudah bertumpuk tumpuk kali ya ? (bener apa betul ?)
Tapi, Allah  SWT itu memang maha pengasih dan penyayang  ya… sama kita semua !
Buktinya saja, kita tidak disuruh tanggung jawab, tidak disuruh ngitung, dan tidak  disuruh bayar atas nikmat yang di berikan oleh-Nya ! (bener apa betul) Allah SWT berfirman  dalam surah Ibrahim ayat 7 :


“ LA ING SYAKARTUM LA AZIIDANNAKUM WA LA ING KAFARTUM INNA ‘ADZAABII LASYADIID”
 artinya :“Sesungguhnya Jika Kamu Bersyukur, Pasti Kami Akan Menambah Nikmat Kepadamu Dan Jika Kamu Ingkar, Maka Sesungguhnya Azabku Amatlah Pedih “

Kalau begitu, bagaimana caranya kita untuk mensyukuri nikmat Allah ?
 (tau ga caranya gimana ?) (mau tahu tidak ?) Yang gampang-gampang saja dulu , kalau buat se-usia kita.

Yang pertama : kerjakan sholat yang 5 waktu, dan puasa ramadhan.
Yang kedua : kalo kita di kasih uang jajan banyak, usahain deh, sedikit aja kita sisihin buat beramal, masa sih kalo buat beli pulsa 10.000 bisa, tapi kalo buat amal 1.000 aja ga bisa ? (bener apa betul ?)
Yang ketiga : menuntut ilmu sebanyak-banyaknya, biar cerdas, supaya nanti kita bisa jadi pemimpin dunia yang pintar dan berakhlak Islami… ! 
(Amiin ya Robbal ‘Alamiin)
Yang keempat : berbakti kepada orang tua, jangan deh sekali2 membantahnya, karena beliaulah kita bisa seperti sekarang ini. (bener apa betul ?)
Dan yang kelima : jangan melakukan hal apa2 yang sudah jelas dilarang oleh Allah SWT.

Hadirin hadirot wa rahimakumullah…..
Untuk itu marilah kita sebagai generasi penerus bangsa ini, pintar2 lah untuk mensyukuri nikmat yang allah telah berikan sama kita selama ini.. ! Semoga kita bisa menjadi hamba Allah yang senantiasa bersyukur kepada-Nya…
Dan menjadi hamba Allah yang mendapatkan tempat yang tinggi di sisi-Nya… serta menjadi anak yang berguna          agama, nusa dan bangsa.
Amiin ya robbal ‘alamiin …

Hadirin yang kami yang kami hormati.
Cukup sekian yang bisa saya sampaikan, lebih kurangnya saya mohon maap.
Billahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar